Kemahasiswaan

KKL MPWK UNDIP

Seminar Studio dan Pameran KKL 2019

Program Magister Pembangunan Wilayah dan Kota (MPWK) Universitas Diponegoro mengadakan acara tahunan, Seminar Studio dan Pameran KKL pada hari Selasa, 18 Juni 2019. Seminar dan Pameran ini bertujuan untuk menampilkan hasil kerja mahasiswa program S2 serta S1 dalam mata kuliah studio dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).  Seminar studio 2019 ini mengangkat tema “Perencanaan dan Penataan Kawasan di Perbataan Magelang”. Acara ini terlebih dahulu diawali dengan pemotongan pita oleh Ketua Departemen DPWK Undip, Bapak Dr. Ir. Hadi Wahyono, MA secara  simbolis membuka pameran di Halaman Gedung A Lantai 1 DPWK. Kemudian dilanjutkan dengan pameran atau expo dari hasil studio dan KKL dalam beberapa stand yang telah dipersiapkan.

Acara dilanjutkan dengan seminar yang dihadiri para tamu dari Pemerintah Kota dan Kabupaten Magelang, termasuk Asisten Pemerintahan Kabupaten Magelang,  Kepala Bapeda Kota Magelang, serta Camat Grabag. Pembukaan acara seminar oleh Ketua Departemen, dilanjutkan paparan keynote speech dari Bappelitbangda Propinsi Jawa Tengah, disampaikan oleh Bapak Debi Triasmoro, ST, MM. mengenai “Implementasi Penanganan Kawasan Cepat Berkembang dan Perbatasan di Sekitar Magelang”. Pada seminar ini, mahasiswa S2 juga turut memaparkan hasil studi dalam merencanakan dan menata kawasan di sekitar Magelang, termasuk kawasan sekitar Candi Borobudur, Kecamatan Grabag, dan kawasan cepat berkembang di Kota Magelang melalui studio.  Tiga pemaparan yang mewakili setiap konsentrasi yang ada di Program Magister Pembangunan Wilayah dan Kota, yaitu Konsentrasi Penataan Ruang, Perencanaan Pengembangan Wilayah, dan Manajemen Pembangunan Kota. Sesuai dengan topik, lokasi yang dipilih adalah bagian dari Kota dan Kabupaten Magelang.

Dilanjutkan dengan sesi diskusi, pembahasan sesuai topik seminar memberikan wawasan lebih mendalam terkait pembangunan di wilayah studi. Melalui seminar ini, banyak tanggapan yang diperoleh dari pemerintah daerah berupa apresiasi dan juga masukan yang bermanfaat. Acara ini juga kemudian ditutup dengan pengumumam stand pameran terfavorit dan makan siang bersama di Halaman Gedung A Lantai 1 DPWK.