Kegiatan

Kunjungan ke Seoul, Korea Selatan dalam program ‘Sit In and Knowledge Enrichment Program in Urban

Beberapa mahasiswa Magister Pembangunan Wilayah dan Kota(MPWK) Undip terutama dari konsentrasi Urban and Regional Planning/URP -MPWK( program berbahasa Inggris) mengadakan kunjungan ke Seoul, Korea Selatan selama beberapa hari dengan program ‘Sit In and Knowledge Enrichment Program in Urban Planning and Development’ pada tanggal 18-23 Agustus 2017, dan didampingi oleh beberapa dosen dari MPWK. Dengan didukung oleh program World Class University (WCU) Universitas Diponegoro dan dilepas oleh Prof. M.Djaeni,ST,M.Eng. dari WCU sekaligus Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik UNDIP, program ini diharapkan akan semakin meningkatkan kerjasama di antara 2 universitas, bahkan 2 negara.

Dengan agenda utama mengunjungi Seoul National University, terutama pada program GSIS dengan  menghadiri International Workshop in Urban And Regional Environment dan berdiskusi dengan mahasiswa program internasional tersebut, mahasiswa dari kedua universitas ini memperoleh wawasan dan bertukar pikiran  di bidang Environment, Housing, Transportation Policy, International Development Cooperation serta  Community Development. Selain itu, melalui kunjungan ke Seoul City Hall, mahasiswa juga memperoleh wawasan berkaitan dengan Visi dan Pembangunan Seoul Metropolitan Area dengan memperoleh  paparan dari Seoul Metropolitan Government. Kunjungan ke Seoul ini dilengkapi dengan kunjungan lapangan, baik ke wilayah pusat kota lama, dan pusat pertumbuhan baru di kawasan Gangnam, ataupun ke Haneul Park, area yang dahulu merupakan area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) persampahan  namun kemudian diubah menjadi Park untuk memperingati  ajang Piala Dunia  17 ini. Selain sebagai tempat yang tinggi di Seoul sehingga dapat menjadi tempat untuk melihat Seoul dan sungai Han, Park ini tetap bisa dipergunakan untuk berolah raga termasuk bersepeda ataupun jogging track.

Melalui kunjungan ini, diharapkan saling perngertian dan kerjasama yang  baik akan tetap terjalin,   yang sudah dirintis sejak beberapa tahun sebelumnya. Selain itu, mahasiswa memperoleh pengetahuan langsung dari negara lain yang telah berhasil, dalam hal ini belajar dari kota Seoul yang telah mencapai prestasi debagai kota dengan rangking 6 di dunia.