Kegiatan

Kuliah Umum terkait dengan topik “Environtmental Change, Migration and Planning”.

ku

Prof Dr. Felicitas Hillmann dari Insititute of City and Regional Planning dan juga Leibnitz Institute for Regional Development and Structural Planning (IRS) pada tanggal 16 Maret 2016, tepatnya di Ruang Theater MPWK UNDIP memberikan Kuliah Umum terkait dengan topik “Environtmental Change, Migration and Planning”. Wilayah penelitian yang diamati tidak hanya Kota Berlin tetapi juga dilakukan di wilayah pesisir Kota Semarang, dan beberapa wilayah lain termasuk Afrika. Dalam kuliahnya, beliau menjelaskan bahwa migran yang terdapat di wilayah-wilayah tersebut memiliki peranan yang cukup besar dalam membentuk ataupun merubah karakteristik dan identitas dari suatu kawasan sedangkan penduduk lokal yang terdapat di wilayah tersebut cenderung tidak terlihat pola aktivitasnya.

Secara garis besar, pengaruh migran terhadap karakteristik ataupun identitas dari suatu kawasan dapat dilihat pada Kota Berlin sebagaimana penduduk etnis Tionghoa memberikan citra kawasan kultur oriental baik dalam bentuk struktur, bentuk, pola, arsitektur maupun aktivitas sosial-budaya. Beberapa aktivitas sosial budaya yang dapat dilihat adalah seni tarian barongsai yang menjadi nilai jual kawasan (sebagai objek pariwisata) dan kegiatan keagamaan serta seni budaya. Selain itu, peranan migran dalam memberikan karakteristik ataupun identitas dari suatu wilayah juga dapat dilihat dari penduduk Brazil yang terdapat di Kota Berlin dengan seni budaya yang dipertunjukkan berupa capoeira dan lain sebagainya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiwa dan staf di MPWK memperoleh kesempatan untuk berdiskusi dan menambah wawasan tentang isu yang terkait dengan pembangunan wilayah dan kota yang berskala internasional.

Kegiatan Kuliah Umum ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi dari kerjasama yang telah dibangun sejak tahun 2001 antara Institute of City and Regional Planning TU Berlin dan MPWK Universitas Diponegoro.