Kegiatan

Kuliah Umum Bupati Bangka Tengah

Kuliah Umum ‘Isu dan Permasalahan Tata Ruang di Wilayah Kepulauan’ bersama Bupati Bangka Tengah

Pada hari Jum’at, 9 Maret 2018 Program Magister Pembangunan Wilayah dan Kota (MPWK) Universitas Diponegoro kembali menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Isu dan Permasalahan Tata Ruang di Wilayah Kepulauan” di Ruang Theater MPWK Undip. Kuliah umum pada kali ini diisi oleh Bupati Bangka Tengah, yakni Bapak Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM. Kedatangan Bapak Bupati Bangka Tengah juga didampingi oleh beberapa kepala SKPD Kabupaten Bangka Tengah berserta stafnya. Pada kuliah umum ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota yang menyambut dengan antusias.

Kuliah tamu dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Bapak Dr. Ir. Hadi Wahyono, MA. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan curriculum vitae pemateri oleh moderator Bapak Dr. Okto Risdianto, ST, MT dan penyampaian materi oleh Bapak Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM. Materi kuliah umum yang disampaikan oleh beliau diawali dengan pengenalan Kabupaten Bangka Tengah, dilanjutkan dengan pemaparan potensi dan permasalahan wilayah, serta arahan kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam menghadapi permasalahan tersebut. Kabupaten Bangka Tengah memiliki potensi timah dan selama 40 tahun terakhir sebagian besar wilayah di Kabupaten ini dikuasai oleh pabrik pertambangan timah. Namun, saat ini daerah pertambangan tersebut sudah menjadi Wilayah Pertambangan Negara (WPN). Adanya pergeseran ini tentunya berakibat pada perekonomian masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah melakukan berbagai kebijakan agar perkonomian masyarakat tetap berjalan dengan baik. Kebijakan-kebijakan tersebut terkait dengan pengembangan kegiatan ekonomi kerakyatan, yaitu ekonomi yang ditumbuhkembangkan berdasarkan sumberdaya atau potensi lokal. Kabupaten Bangka Tengah merupakan wilayah kepulauan yang kaya akan sumberdaya alam. Salah satunya adalah laut yang luas dengan potensi ikan yang cukup banyak dan menjadi komoditas unggulan daerah ini. Pada sektor perkebunan juga terdapat tanaman lada, karet, dan pohon gaharu yang menjadi primadona di daerah ini. Tidak hanya dari sektor perikanan dan perkebunan, Kabupaten Bangka Tengah juga memiliki potensi pariwisata yang menjadi andalan daerah ini diantaranya Danau Biru, Pulau Ketawai, Hutan Pelawan dengan jamur pelawan dan madu pahitnya. Adanya potensi-potensi ini menjadi harapan baru bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Bangka Tengah.

Setelah Bapak Ibnu Saleh selesai memberikan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sebelum kuliah umum selesai, pihak kampus yang diwakili oleh Bapak Dr.sc.agr. Iwan Rudiato, ST, Msc memberikan kenang-kenangan kepada Bapak Ibnu Saleh dan ditutup dengan foto bersama. Siang hari pada hari yang sama, dilakukan penanda-tanganan kerjasama dalam MoU antara Universitas Diponegoro dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah dalam menindak-lanjuti program kerjasama pada masa mendatang.