Kegiatan

Kuliah DosenTamudariPraktisi, bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rep

Program Magister Pembangunan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro kembali menyelenggarakan kuliah umum bekerja sama dengan Kementrian PU-PERA. Kuliah umum kerjasama dengan Kementrian PU-PERA diselenggarakan dalam 2 sesi, sesi yang pertama dilaksanakan pada tanggal 17 November 2017 dan sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 24 November 2017. Tema pada kuliah umum pertama yaitu Pembiayaan Perumahan di Indonesia dengan pemateriBapak Kreshnariza Harahap, ST, M.Eng.Sc, beliau dari Direktorat Bina Sistem Pembiayaan Perumahan Ditjen Pembiayaan dan Perumahan. Pada kuliah umum sesi pertama, Kreshnariza Harahap, ST, M.Eng.Sc menyampaikan bahwa program pembiayaan perumahan di Indonesia haruslah terjangkau untuk berbagai golongan masyarakat, sehingga selayaknyawarga Indonesia mendapatkan rumah yang layak huni.

 Tema pada kuliah umum sesi kedua adalah Keterpaduan Sistem Permukiman dan Infrastruktur Wilayah dengan pemateri Dr. Ir Achmad Hermanto Dardak, Msc, beliau merupakan Widyaiswara Utama Kementrian PUPR. Beliau menjelaskan bagaimana menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan keterpaduan sistem permukiman dan infrastruktur yang baik, karena hingga saat ini infrastruktur yang ada di Indonesia masih belum memiliki konektifitas/keterpaduan yang baik. Karena dengan terkoneksinya tiap-tiap infrastruktur yang ada di Indonesia akan memberikan dampak terhadap berbagai sektor yang ada, salah satunya adalah sektor ekonomi. Salah satu contoh real yang dijelaskan oleh beliau adalah dengan pembangunan jalan tol lintas jawa maka akan memudahkan pergerakan barang dan jasa di pulau jawa sehingga diharapkan ekonomi yang ada sekarang akan semakin meningkat.

Antusias yang cukup tinggi ditunjukkan peserta dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada pembicara baik pada sesi pertama maupun sesi kedua.